Rabu, 03 Juni 2009

Goodreads, jaringan sosial buat pembaca buku

Pencinta buku terkadang dianggap tidak senang bergaul dan pendiam. Hal ini tentu saja tidak benar. Mereka akan dengan senang hati berteman dengan sesama pencinta buku, dan bisa berdiskusi tentang buku-buku favoritnya selama berjam-jam.

Goodreads dapat merapatkan orang-orang seperti ini. Seperti Friendster, Facebook atau MySpace, Goodreads merupakan situs jaringan sosial, namun ditujukan untuk kalangan pencinta buku. Seperti layaknya layanan jaringan sosial kita dapat mencari, menambahkan teman dan berkomunikasi dengan mereka.

Sebagai situs yang ditujukan untuk pembaca buku, Goodreads memiliki berbagai fitur yang menunjang hobi anggotanya itu. Situs ini memiliki fasilitas untuk mencatat buku yang dimiliki, dan dibaca dan mengomentarinya.

Buku-buku yang kita miliki atau sudah pernah dibaca dikumpulkan koleksi buku atau pustaka (library). Anda bisa mencatat buku apa saja yang ingin Anda baca, atau buku yang sudah Anda baca. Untuk memudahkan mengisi informasi buku Goodreads memanfaatkan basis data buku dari Amazon.com.

Tentu saja tidak semua buku ada dalam basis data toko buku online tersebut. Ini sering saya temui dalam kasus buku terbitan Indonesia. Dalam hal ini kita dapat mengisikan sendiri informasi buku tersebut, lengkap dengan foto sampulnya.

Bila sebelumnya Anda sudah punya daftar buku dalam format XLS (spreadsheet Excel), Goodreads dapat mengimpornya.

Kalau mau, jumlah koleksi buku bisa buat sombong-sombongan. Siapa yang paling banyak punya buku?

Setelah mencatat buku yang dimiliki, kita dapat menulis timbangan buku dan memberi penilaian. Ada kemungkinan satu judul buku sudah diresensi terlebih dahulu. Dalam hal ini resensi kita akan ditampilkan berdampingan dengan resensi pembaca lain.

Fitur resensi buku ini dapat jadi pertimbangan bila Anda ingin membeli buku tapi masih ragu-ragu. Lihatlah bagaimana anggota Goodreads lain menilai buku tersebut, dan baca komentar dan resensi tentangnya. Resensi buku ini pada gilirannya dapat dikomentari pula oleh anggota lainnya.

Resensi dan komentar teman-teman lain dalam Goodreads merupakan cara yang baik buat mencari buku baru yang kira-kira menarik. Dengan demikian Anda dapat menghindari menyesal membeli suatu buku, karena ternyata mutunya buruk.

Karena lebih ditujukan buat pembaca buku beberapa fitur yang cukup penting di situs jaringan sosial lain agak ketinggalan di sini. Misalnya Anda hanya dapat mengunggah satu foto saja buat ditampilkan. Begitu pula bila Anda ingin berkirim pesan pribadi kepada teman lain. Tidak ada fitur untuk mengutip ketika hendak membalas pesan, dan arsip pesan yang disimpan juga terbatas.

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Dresses. Powered by Blogger